Huni - Temanmu Cari Properti

Desain Rumah Idaman Ala Bohemian, Gaya Rumah Anti Mainstream

Desain rumah idaman ala bohemian, gaya rumah anti mainstream yang penuh kebebasan tapi tetap menghadirkan kenyamanan bahkan instagramable


A
Azaria Nur Fadhilah11 Sep 2022 16:32
  • Bagikan :

Desain Rumah Idaman Ala Bohemian, Gaya Rumah Anti Mainstream

Desain Rumah Idaman Ala Bohemian, Gaya Rumah Anti Mainstream

Rumah idaman bergaya minimalis modern memang menjadi gaya rumah yang populer karena banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat. Misalnya saja seperti rumah-rumah di daerah Jakarta Coret, kamu akan menemukan rumah minimalis modern dengan mudah.

Namun, jika kamu menginginkan vibe rumah yang homey, desain rumah unik yang anti mainstream, kamu bisa mencoba gaya rumah Bohemian. Rumah idaman ala bohemian menghadirkan gaya rumah yang anti mainstream. Homey, tapi juga ada nuansa bebas. Nah, buat kamu yang tertarik dengan desain rumah bohemian yang nyentrik ini, simak artikel Huni di bawah ini ya!

Apa itu gaya bohemian?

Dilansir dari Momsmoney, istilah bohemian atau boho berasal dari bahasa Prancis, yaitu kata bohémien. Istilah ini merujuk pada pengelana yang berasal dari Bohemia, sebuah daerah di Republik Ceko. Istilah ini juga kerap disebut gipsi. Mereka adalah kaum nomaden yang sering berpindah-pindah tempat dan mempunyai kepribadian yang bebas. Selain itu, para pengembara ini identik dengan gaya pakaian dan aksesoris yang ramai. Selain gaya fashion, gaya rumah bohemian pun juga terkesan unik karena menggambarkan kebebasan hidup.

Kamu mungkin sudah familiar dengan gaya fashion bohemian yang sudah banyak diadaptasi dan digunakan. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak yang tertarik dengan gaya rumah ala bohemian yang bebas tapi hangat ini.

Secara umum, gaya bohemian mencampurkan berbagai warna, pola, dan tekstur dalam satu ruangan. Selain itu, gaya bohemian juga menggunaan dekorasi etnik dan vintage di hampir seluruh bagian rumah. Jadi, rumah bohemian adalah kebalikan dari rumah minimalis yang mengusung prinsip kesederhanaan.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan desain interior rumah bohemian, berikut tips desain rumah idaman ala bohemian, gaya rumah yang anti mainstream.

9 Tips Desain Rumah Idaman Ala Bohemian

1. Desain interior yang bebas

1. Desain interior yang bebas

via feeta.pk

Desain interior rumah bohemian bisa dikatakan bebas, karena menonjolkan kebebasan. Penggunaan banyak warna, pemilihan material yang beragam, banyak aksesoris rumah yang mendominasi, dan motif yang beragam. Berbeda dengan desain interior rumah minimalis yang menerapkan prinsip less is more, sehingga memberikan kesan longgar dan bersih. Meskipun demikian, interior ruangan yang nyentrik ini menjadi daya tarik rumah bohemian yang patut kamu coba.

Kamu juga bisa mencampur gaya bohemian dan gaya minimalis ke dalam interior rumah idaman kamu. Jadi, rumah kamu tetap terlihat rapi, luas, tapi tetap memberikan kesan kebebasan.

2. Kebebasan memilih warna

2. Kebebasan memilih warna

via apartmenttherapy.com

Pemilihan warna rumah bergaya bohemian memang lebih bebas, bahkan ada yang memilih banyak tone warna. Bahkan, menggunakan warna, aksen, dan tekstur yang berlapis. Namun, meski terkesan ramai, tapi tidak membuat sakit mata.

Biasanya tone warna bumi atau earth tone banyak dipilih untuk rumah gaya bohemian. Meskipun ada yang memilih kombinasi warna-warna yang vibrant. Itu semua tergantung selera kamu. Jadi, pilihlah warna-warna yang sesuai dengan keinginan ya!

Selain warna cat rumah, warna furnitur dan dekorasi juga berwarna-warni dengan motif yang beragam. Biasanya ketertarikan pemilik dengan budaya dari suatu negara dapat dilihat dari dekorasi ruangan. Itulah kelebihan rumah ala bohemian, kamu bebas mengekspresikan diri di dalam rumah idaman kamu.

3. Bahan-bahan tekstil yang beragam

3. Bahan-bahan tekstil yang beragam

via koloapp.in

Selain warna yang beragam, salah satu ciri rumah ala bohemian adalah penggunaan bahan tekstil, seperti karpet, gorden, bed cover, selimut, bantal, dan lain sebagainya. Kain dengan tekstur, pola, dan corak yang beragam sering terlihat di rumah bohemian. Bahkan warna kontrasnya terlihat jelas satu sama lain. Selain digunakan sesuai fungsinya, juga menambah nilai estetis di dalam rumah. Selain itu, kamu juga bisa memasang kain yang menjuntai sebagai hiasan pada dinding rumah.

Namun, meskipun menggunakan kain dengan berbagai jenis, warna, dan motif, pastikan untuk tidak menumpuk terlalu banyak lapisan kain ya! Karena akan membuat ruangan terasa penuh, tidak rapi, bahkan pengap.

4. Padukan material, tekstur dan pola

4. Padukan material, tekstur dan pola

via curratedinterior.com

Gaya bohemian adalah gaya yang menekankan pada penggabungan material, tekstur dan pola yang berbeda dalam desain interior rumah. Jadi, mix and match material, pola, dan tekstur menjadi poin penting dari gaya bohemian.

Misalnya memilih material kayu sebagai lantai atau hardwood flooring. Opsi hardwood flooring dipilih karena kental akan nuansa alam dan bisa menjaga suhu dalam ruangan. Selanjutnya, lapisi lantai kayu dengan karpet bermotif kilim, tribal, flowering, atau motif yang lain. Kamu juga bisa menggunakan material yang halus atau empuk agar ruangan lebih terasa nyaman. Misalnya dengan menambahkan bantal dengan berbagai pola, mengaplikasikan macrame maupun rajutan di dalam ruangan, dan sebagainya. Bahkan, bantal menjadi elemen yang sering digunakan. Bantal warna-warni dengan ragam motif merupakan elemen yang paling banyak digunakan.

5. Furnitur bergaya vintage

5. Furnitur bergaya vintage

via feeta.pk

Furnitur bergaya vintage adalah furnitur yang paling sering digunakan saat memilih gaya rumah bohemian. Furnitur yang sudah terlihat tua dan antik adalah ciri khas dari desain ala bohemian. Pemilihan furniture bergaya vintage ini bisa memberikan kesan timeless.

Selain itu, gaya bohemian juga banyak menggunakan furnitur bekas atau daur ulang. Jadi, tidak perlu membeli furnitur yang baru, kamu bisa membeli furnitur bekas yang masih baik kualitasnya. Dari segi harga, kamu juga bsa berhemat. Sebagai pemanis, padukan dengan ragam tekstur dan aksen warna warni pada selimut bermotif, tirai, bantal, kain ataupun karpet. Misalnya lemari pendek bekas yang dicat ulang dan dipadukan dengan bantal dan kain di atasnya, kamu bisa manfaatkan sebagai tempat duduk tambahan. Jadi, lemari tua bisa disulap menjadi tempat duduk tambahan yang estetis.

6. Dekorasi tambahan berupa karya seni

6. Dekorasi tambahan berupa karya seni

via extraspace.com

Selain furniture dengan gaya vintage, rumah gaya bohemian juga banyak menggunakan karya seni sebagai aksesoris rumah. Karya seni tersebut bisa berupa lukisan abstrak, patung, ataupun foto yang dibingkai. 

Banyak lukisan yang ditempelkan pada dinding. Pada gaya bohemian, dinding memegang peranan penting. Selain lukisan, kamu juga bisa menempelkan dekorasi unik pada dinding, seperti piring, baki, tanaman kering, anyaman rotan, macrame, dan lainnya. Namun, kamu harus pandai memainkan komposisi bentuk dan warna agar dekorasi yang kamu pilih tidak terlihat aneh saat dipandang. Kamu juga bisa melukis pada dinding.

Mirip dengan pemilihan furnitur bergaya vintage, untuk dekorasi rumah kamu bisa memilih karya seni, benda-benda vintage, atau kerajinan tangan. Perpaduan ini akan membuat rumah kamu semakin nyaman dan instagramablelho!

7. Jauh dari kesan mewah dan mahal

7. Jauh dari kesan mewah dan mahal

via feeta.pk

Rumah ala bohemian sering menggunakan furniture maupun dekorasi yang cenderung murah, handmade, bahkan barang bekas. Dekorasi yang digunakan pada gaya bohemian ini juga sering memanfaatkan barang sehari-hari. Misalnya saja toples bekas, tutup botol, paper craf, dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut diubah menjadi barang yang estetis dan cantik atau lebih sering disebut barang DIY.

8. Bawa suasana alam ke dalam rumah

8. Bawa suasana alam ke dalam rumah

via extraspace.com

Gaya bohemian adalah gaya yang memberikan suasana bebas dan dekat dengan alam. Jadi, gaya bohemian ini membawa suasana alam ke dalam rumah. Salah satunya adalah tanaman hidup yang diletakkan di dalam pot dan ditata di dalam ruangan. Biasanya tanaman yang dipilih adalah tanaman yang tidak membutuhkan perawatan yang ribet. Selain itu, kebanyakan adalah tanaman berdaun tanpa bunga. Meskipun demikian, kamu juga bisa menggunakan tanaman yang berbunga juga kok!

Selain tanaman hidup, seringkali juga menggunakan tanaman yang sudah dikeringkan sebagai dekorasi ruangan. Jadi, kamu bisa memilih tanaman apa saja yang akan menghiasi rumah idaman kamu.

9. Pencahayaan yang hangat

9. Pencahayaan yang hangat

via koloapp.in

Mirip dengan gaya desain rumah yang lain, gaya bohemian juga sebisa mungkin menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan. Pemilihan jendela yang besar dan kaca yang berwarna dapat menjadi elemen penerangan sekaligus menjadi dekorasi yang cantik pada siang hari maupun malam.

Pemilihan lampu yang berwarna-warni, lentera dengan berbagai motif dan bentuk, serta chandelier adalah jenis lampu yang sering dijumpai dalam gaya bohemian. Selain itu, untuk menciptakan kesan homey dan hangat, kamu bisa memilih warna kuning atau warm white untuk pencahayaan.

Nah, itu tadi desain rumah idaman ala bohemian, gaya rumah anti mainstream yang bisa kamu coba. Beberapa ciri khas gaya bohemian, seperti pemilihan warna yang lebih bebas, furnitur dan dekorasi bergaya vintage, bahan tekstil yang beragam, pengaplikasian tanaman hidup dan kering, yang bebas kamu kreasikan di rumah idaman kamu. Kamu juga bisa menambahkan aksen bohemian pada rumah minimalis ataupun gaya rumah yang lainnya. Namun, kamu harus memperhatikan kombinasi warna, pola, material, tekstur, maupun dekorasi agar rumah idaman kamu semakin nyaman, homey dan instagramable.

Huni bisa membantu kamu menemukan rumah idaman tanpa ribet. Kamu bisa mencari lokasi rumah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan menggunakan fitur Huni Map. Selain itu, kamu juga bisa melihat detail rumah tanpa perlu datang langsung. Jika ada yang menarik perhatian, kamu bisa chat dengan agen untuk bertanya lebih detail. Jika kamu masih bingung, tenang saja, ada Huni Smart yang akan membantu kamu menemukan rumah idaman yang tepat. Kamu bisa mencari ribuan properti di Huni dengan mudah . Akses Huni dan temukan rumah idaman kamu tanpa ribet!