Huni - Temanmu Cari Properti

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern

7 gaya interior desain untuk rumah minimalis modern yang cocok bagi rumah idaman dan rumah cantik bagi keluarga


A
Azaria Nur Fadhilah21 Mei 2021 15:46
  • Bagikan :

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern

7 Prinsip Menata Interior untuk Desain Rumah Minimalis Modern

Desain rumah minimalis modern memang menjadi pilihan desain yang banyak diminati masyarakat tak terkecuali di Indonesia. Konsep minimalis ini mengutamakan kegunaan elemen bangunan dan mengurangi penggunaan dekorasi yang berlebihan. Ludwig Mies van der Rohe adalah arsitek yang mengawali gaya desain rumah modern sekitar abad ke-20. Mies mengenalkan konsep desain clean and simple dan memopulerken istilah less is more, yang sekarang menjadi slogan desain rumah minimalis modern.

Rumah minimalis modern menjadi populer terutama di Indonesia karena mengusung konsep kesederhanaan dan efisiensi. Fasad rumah yang terlihat rapi dan bersih serta konsep ruangan yang menyatu dengan luar ruangan, membuat rumah terlihat lebih luas dan terang. Selain itu, kamu tidak memerlukan lahan yang luas dan budget yang banyak untuk membangun rumah impian. Meskipun dengan lahan yang sempit dan budget terbatas, kamu bisa membuat desain rumah minimalis sederhana yang tetap nyaman ditempati. Kuncinya adalah kamu bisa menyesuaikan interior dalam rumah dengan konsep rumah. Yuk simak artikel berikut agar kamu bisa menentukan pilihan desain interior yang cocok untuk rumah minimalis modern.

Prinsip Menata Interior Design Rumah Minimalis Modern

Portofolio dari Interiordesain.id

Desain karya portofolio via interiordesign.id, salah satu penyedia jasa desain interior di Indonesia

Menata interior desain rumah minimalis modern masih menggunakan konsep yang sama, yaitu sederhana dan efisien. Dikutip dari Hoouz, teori less is more adalah tentang bagaimana mendapatkan desain rumah yang baik melalui kesederhanaan. Bagaimana caranya? Simak 7 Prinsip Menata Interior Design Rumah Minimalis Modern berikut!

Pemilihan Material yang Estetis dan Berkualitas Baik

Material yang estetis dan berkualitas baik akan membuat kamu mengurangi dekorasi tambahan, karena material itu akan terlihat cantik tanpa tambahan apapun.

Pemilihan tempat tidur dengan kualitas baik membuat kamu tidur dengan nyaman dan tidak memerlukan dekorasi di bagian tempat tidur, karena sudah menyatu dengan desain kamar tidur itu dan terlihat elegan.

Penggunaan Satu Objek atau Furnitur yang Menonjol untuk Tiap Ruang

Rumah dengan konsep minimalis modern biasanya menggunakan warna yang seragam, kamu bisa memilih furnitur dengan warna yang mencolok, maka akan menjadi daya tarik ruangan.

Pemilihan pintu kabin nuansa indigo dan tanaman indoorpada gambar di atas akan menjadi eye-catcher dari ruangan itu.

Pemilihan Furnitur yang Sederhana

Konsep minimalis, maka kamu harus memilih furnitur dengan desain yang sederhana agar sesuai dengan konsep rumah minimalis. Meskipun pemilihan jendela, kursi, dan rak dengan desain sederhana pada ruangan itu, tetapi tetap bisa mempercantik kamar tidur.

Penambahan Ragam Elemen Aksen

Dari kamar tidur itu, kamu bisa menemukan corak di bagian lantai, penambahan efek di bagian atas, penggunaan aksen kayu yang disusun sejajar di dekat kepala tempat tidur membuat kamar tidur semakin cantik. Penggunaan lampu di kamar yang disusun sedemikian rupa menambah kesan hangat dan homey. Jadi jangan sampai terlewat dalam penggunaan lampu ya! Penggunaan lampu yang beragam bisa menonjolkan elemen dan bisa memberi kesan yang berbeda.

Menggunakan Warna-Warna Monochrome

Warna monochrome bukan hanya warna putih, hitam, atau abu-abu saja, tetapi bisa semua warna. Istilah monochrome berarti gradasi dalam satu warna saja. Misalnya pada kamar tidur itu yang menggunakan warna dasar coklat, lalu dipadukan dengan turunan warna coklat, seperti coklat muda, coklat tua.

Membuat Banyak Ruang Terbuka

Rumah minimalis mempunyai ciri khas terlihat lebih longgar dan rapi, karena setiap elemen diberi ruang untuk menonjolkan dirinya. Seperti gambar kamar tidur, meskipun ada kasur besar, rak, tetapi ruangan terlihat longgar dan rapi.

Bawa Masuk Pemandangan dari Luar Ruangan

Jika kamu mempunyai taman bunga atau pemandangan luar rumah, bawalah masuk ke dalam rumah dengan memanfaatkan jendela kaca. Rumah kamu akan terlihat semakin terang dan memesona.

Desain Interior Rumah Minimalis Modern

Dalam hal desain interior rumah, kamu tidak perlu merasa terkekang karena mempunyai rumah type ukuran type 36 atau type 45 yang terkesan kecil. Kamu bisa membuat rumah tipe 36 dengan 2 lantai, rumah 2 lantai tipe 45, atau rumah minimalis satu lantai. 

Kamu bisa berkonsultasi dengan arsitektur dan desain interior untuk merencanakan rumah impian kamu, seperti Indesain.id, Dekoruma, Fabelio, yang nantinya akan disesuaikan dengan keinginan dan budgetkamu. Sehingga, meskipun rumah minimalis sederhana, tetapi nyaman dan sesuai dengan keinginanmu.

Dikutip dari dekorumah, beberapa gaya desain ini bisa kamu jadikan inspirasi lho!

Gaya Minimalis Modern Pop Retro

Gaya minimalis modern Pop Retro

Gaya minimalis modern Pop Retro via littlebigbell

Desain interior gaya pop retro mengadopsi gaya tahun 1960-an. Penggunaan warna terang, banyak menggunakan aksen berbeda, dan penggulangan motif geometris merupakan ciri gaya ini. Selain itu, untuk menambah kesan retro, kamu bisa memajang pop art lukisan seperti The Beatles atau Marlyn Monroe. Interior ruang tamu minimalis 1 lantai ini memakai warna-warna terang dengan penggunaan motif geometris sehingga memberi kesan semangat dan ceria.

Gaya Minimalis Modern Eclectic

Gaya minimalis modern eclectic

Gaya Minimalis Modern Eclectic via home-designing.com

Gaya Eclecticmerupakan gaya desain interior yang menggabungkan beberapa gaya desain, sehingga membentuk kesatuan gaya desain. Interior rumah ini merupakan penggabungan gaya minimalis modern yang menonjolkan kesederhanaan dan efisiensi ruang. Lalu digabungkan dengan gaya industrial yang mempunyai ciri penggunaan dinding bata yang tidak selesai, jendela yang besar, serta elemen struktural dan mekanik, seperti pipa, kerangka balok di langit-langit sengaja tidak ditutup.

Gaya Minimalis Modern Vintage

Gaya minimalis modern vintage

Gaya Minimalis Modern Vintage via pinterest

Menitikberatkan pada desain dan furnitur tahun 1940-1950an. Pemilihan warna pastel, penggunaan furnitur maupun ornamen dari kayu, dan adanya motif bunga pada dekorasi menjadi ciri dari gaya vintage.

Kamar tidur anak ini ditempatkan dekat dengan atap rumah, dengan dinding yang dilapisi wallpaperbunga, model tempat tidur yang sederhana dengan warna pastel, dan pemilihan lantai kayu membuat kamar ini menjadi manis. Selain itu, juga menghemat ruangan, dari 2 kamar tidur dijadikan menjadi 1 kamar tidur.

Gaya Minimalis Modern Rustic

Gaya minimalis modern rustic

Gaya Minimalis Modern Rustic via pinterest

Gaya rustic mempunyai ciri kesan alami dari material yang memiliki tekstur kasar dan tidak dihaluskan, seperti kayu. Warna-warna yang dipakai adalah warna alam. Interior rumah ini memakai material kayu yang masih kasar pada atap dan dinding rumah, dipadukan dengan perabot kayu lainnya, dan dinding batu menjadikan rumah terasa alami, mewah, dan hangat.

Menurut survey yang dilakukan Houzz dan diikuti lebih dari 6.000 responden, sebanyak 87% mengatakan bahwa desain rumah mempengaruhi tingkat kebahagian penghuni rumah, jadi kamu harus mempertimbangkan mulai denah rumah, desain interior, pemilihan warna, dan sebagainya yang sesuai dengan konsep rumah impianmu.

Huni.id bisa membantu kamu menemukan hunian yang sesuai dengan selera. Dengan fitur yang ada, kamu bisa melihat detail rumah termasuk desain interior rumah, sehingga kamu bisa memilih hunian yang sesuai dengan kriteria kamu tanpa perlu bersusah-susah mencari. Ditambah dengan adanya fitur chat agen akan semakin memudahkan kamu dalam memilih. Selamat mencari hunian!