Huni - Temanmu Cari Properti

Pilih Tinggal di Bogor atau Jakarta?

Jakarta dan Bogor adalah dua lokasi yang bisa jadi pilihan untuk membeli rumah idaman. Perumahan bergaya minimalis ada di dua kota ini.


A
Azaria Nur Fadhilah18 Jan 2022 01:34
  • Bagikan :

Pilih Tinggal di Bogor atau Jakarta?

Pilih Tinggal di Bogor atau Jakarta?

Rumah idaman kamu seperti apa? Apakah rumah minimalis dengan desain modern atau rumah bergaya klasik dengan inspirasi dari arsitektur Eropa? Rumah idaman sangat personal dan bisa berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya. 

Jika ada pertanyaan tentang rumah idaman, pasti banyak sekali keinginan yang ingin diwujudkan dalam rumah idaman. Misalnya saja menginginkan rumah milik sendiri yang nyaman, desain rumah minimlis dengan konsep alam, perabot dan material berkualitas, perpaduan warna cat rumah yang apik, lingkungan yang aman dan tenang, berada di tengah kota, lokasi rumah strategis, udara yang segar, sumber air bersih mudah didapatkan, dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya keinginan untuk rumah idaman, Bogor dan Jakarta bisa banget kamu masukkan dalam list lokasi rumah kamu. Kenapa?

Bogor adalah Kota dan Kabupaten di provinsi Jawa Barat dan tetanggaan dengan Ibukota Jakarta. Bogor masuk dalam kawasan megapolitan Jabodetabek, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Jakarta dan kota-kota satelit di sekitarnya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk kali ini Huni ingin mengulas plus minus nya tinggal di Jakarta dan Bogor. Mungkin daftar ini bisa membantu kamu juga dalam proses menentukan area rumah tinggal idaman yang cocok untuk kamu dan keluarga. 

Lokasi

Jika dilihat dari kondisi geografis, Jakarta berada di dataran rendah, sehingga suhu udara di Jakarta relatif panas. Sedangkan Bogor sebagian besar berada di dataran tinggi, meskipun ada beberapa wilayah yang berada di dataran rendah. Namun, suhu udara di Bogor relatif sejuk.

Akses dan Transportasi

Sebagai ibu kota negaraIndonesia, Jakarta mempunyai alat transportasi publik yang mencakup semua tempat, baik dalam wilayah maupun luar wilayah. Mulai dari angkutan umum, kendaraan pribadi, bus, MRT, LRT, kereta jarak dekat dan jauh, dan sebagainya. Ditambah dengan beberapa kawasan di Jakarta yang disulap menjadi kawasan Transit Oriented Development (TOD), sehingga akan memudahkan akses kemana saja. Selain itu, Jakarta juga menjadi titik tengah dalam penerbangan, baik penerbangan domestik maupun luar negeri, baik dari Jakarta ataupun menuju Jakarta. Jadi, kamu tidak perlu transit, cukup satu kali penerbangan saja. Berbeda halnya dengan daerah lain yang terkadang harus transit di Jakarta ataupun di kota lain. Jadi, akses transportasi Jakarta lebih mudah dibandingkan dengan daerah lainnya.

Berbeda dengan Jakarta yang mempunyai kemudahan akses transportasi di semua wilayahnya, akses dan alat ransportasi di Bogor belum mencakup semua tempat atau belum merata. Transportasi publik mudah diperoleh di tengah kota, sedangkan wilayah Bogor yang berada di pinggiran masih banyak yang mengandalkan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi.

Lowongan Pekerjaan

Banyaknya gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, maupun tempat hiburan di Jakarta, membuat Jakarta menjadi tempat tujuan untuk mencari penghasilan. Karena dengan banyaknya area perkantoran maupun area komersil lainnya, membuat peluang lowongan pekerjaan juga semakin besar.

Gedung perkantoran maupun area komersil yang terpusat di tengah kota saja, membuat Bogor tidak menjadi pilihan tempat untuk mengadu nasib. Pembangunan yang belum merata membuat lowongan pekerjaan pun tidak banyak ditemukan di sini.

Biaya Hidup

Biaya hidup di Jakarta bisa dikatakan relatif tinggi. Di tahun 2021, DKI Jakarta mempunyai Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 4.416.186 tiap bulan. Hal ini dikarenakan banyaknya perkantoran maupun bisnis usaha lainnya di Jakarta.

Sedangkan Jawa Barat di tahun 2021 menetapkan UMP sebesar Rp 1.810.350 per bulan. Namun, untuk wilayah Kota/Kabupaten Bogor mempunyai Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) sebesar Rp 4.217.206 di Kabupaten Bogor dan Rp 4.169.806 di Kota Bogor. Jadi biaya hidup di Bogor cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan Jakarta. Namun tentunya kamu bisa mengatur prioritas kebutuhan agar bisa menghemat biaya hidup.

Harga Tanah dan Harga Rumah

Lahan yang semakin sedikit, membuat harga tanah di Jakarta relatif tinggi. Hal itu juga mempengaruhi harga rumah tapak di Jakarta yang juga kian meningkat. Oleh sebab itu, banyak dibangun apartemen, rumah kos, maupun perumahan minimalis modern seperti di area Jakarta Coret untuk memenuhi kebutuhan rumah di Jakarta. Konsep rumah minimalis banyak digunakan karena bisa diterapkan di berapapun tipe rumah.

Sedangkan lahan di Bogor masih bisa dikatakan lebih longgar, sehingga harga tanah pun tidak semahal di Jakarta. Kamu masih bisa membuat rumah tapak dengan konsep rumah asri di daerah pegunungan dengan harga normal. Konsep rumah yang memasukkan unsur alam dan didukung dengan udara sejuk serta pemandangan yang indah akan membuat kamu rileks saat berada di rumah. Kamu juga bisa menemukan apartemen dan perumahan di Bogor dengan harga yang miring di wilayah pinggir. Namun, kamu juga bisa memilih perumahan elite di Bogor, misalnya di kawasan Sentul City atau Cibubur yang menawarkan harga relatif lebih mahal dibandingkan wilayah Bogor yang lain.

Kemacetan dan Polusi

Jakarta identik dengan kemacetan di hampir semua ruas jalan. Hal ini dikarenakan pengguna jalan yang tidak sebanding dengan jalan yang tersedia. Selain itu, tidak adanya pembatasan kepemilikan kendaraan, sehingga kemacetan pun sering terjadi. Ditambah dengan sedikitnya area hijau, membuat polusi udara di Jakarta kian parah dan kualitas udara semakin menurun.

Karena area perkantoran dan area komersil lainnya terpusat di tengah kota, maka kemacetan di Bogor terjadi hanya dibeberapa ruas jalan saja dan saat tertentu saja. Misalnya saat jam berangkat kerja atau pulang kerja. Namun, meskipun kendaraan pribadi maupun umum banyak, hal ini masih diimbangi dengan masih banyaknya area hijau di Bogor, sehingga kualitas udara masih baik.

Hiburan dan Rekreasi

Jakarta merupakan wilayah dengan penduduk terpadat dan banyak dibangun gedung-gedung bertingkat untuk menunjang mobilitas Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia. Ditambah dengan minimnya area hijau di Jakarta tidak sebanding dengan banyaknya bangunan di Jakarta, sehingga kamu akan kesulitan menemukan wisata dengan suasana alam yang sejuk. Kamu harus bepergian keluar Jakarta jika ingin mencari tempat wisata dengan suasana alam yang kental. Namun, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain di Jakarta, seperti Monas, Kota Tua, Sea World, Dufan, Ancol, museum, atau mengunjungi pusat perbelanjaan terdekat untuk melepas penat.

Kamu bisa dengan mudah menemukan tempat wisata bernuansa alam dengan hawa sejuk di Bogor. Di Bogor terkenal beberapa gunung yang bisa kamu daki, hiking, ataupun camping, yaitu Gunung Gede, Gunung Panggrango, Gunung Salak, Gunung Kencana, dan masih banyak lagi. Selain wisata dengan nuansa alam, kamu juga bisa mengunjungi wisata lain, seperti taman hiburan, museum, atau pusat perbelanjaan. Jadi, kamu tidak perlu pergi jauh untuk bisa berwisata dengan suasana alam yang kental.

Bencana Alam

Meskipun bukan bencana alam, tapi di beberapa daerah di Jakarta merupakan daerah rawan banjir, terutama jika musim hujan datang. Pengelolaan saluran pembuangan yang kurang baik, kurangnya resapan air, dan juga kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ditempatnya masih kurang menjadi faktor penyebabnya.

Berada di dataran tinggi, membuat Bogor terhindar dari banjir meskipun mempunyai curah hujan yang tinggi. Namun, karena beberapa wilayahnya berada di kaki gunung atau di perbukitan, maka ada beberapa wilayah di Bogor yang rawan longsor.

Itu tadi plus minus Bogor vs Jakarta yang bisa membantu kamu menentukan lokasi untuk rumah idaman. Namun, yang perlu kamu ingat adalah di manapun lokasinya akan selalu ada plus minus-nya. Jadi, pilihlah lokasi sesuai dengan kebutuhan dan tentunya budget kamu.

Huni bisa membantu kamu menemukan rumah idaman di Jakarta, Bogor, ataupun di lokasi lain di seluruh Indonesia. Ada Huni Map yang akan membantu kamu mencari rumah berdasarkan lokasi yang kamu inginkan. Kamu bisa melihat detail rumah lengkap tanpa harus datang langsung mulai dari gambar rumah, deskripsi rumah, legalitas rumah, fasilitas rumah, area publik di sekitar rumah, dan kontak agen. Kamu bisa langsung chat dengan agen jika sudah menemukan calon rumah idaman. Selain itu, ada Huni SMart yang akan membantu jika kamu bingung saat mencari rumah. Akses Huni dan dapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mencari rumah idaman. Seru kan?