Huni - Temanmu Cari Properti

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Type 30/60

Desain rumah minimalis untuk rumah type 30/60. Pilihan cat rumah membuat rumah idaman jadi penuh karakter. Rumah mungil bisa terlihat mewah.


A
Azaria Nur Fadhilah18 Okt 2021 19:45
  • Bagikan :

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Type 30/60

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Type 30/60

Memiliki rumah idaman merupakan impian semua orang. Terlebih lagi rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, rumah selalu menjadi incaran semua orang. Namun, karena harga tanah maupun rumah yang relatif naik setiap tahun membuat sebagian orang memilih menyewa rumah, tinggal di rumah kos atau apartemen, maupun membeli rumah subsidi. Rumah subsidi merupakan program pemerintah untuk mendorong masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa mempunyai rumah sendiri.

Diantara banyaknya tipe rumah, rumah type 30/60 menjadi idola diantara para pencari rumah. Rumah tipe 30/60 merupakan rumah yang mempunyai luas bangunan seluas 30 meter persegi diatas tanah seluas 60 meter persegi. Type rumah 30/60 berada diantara kisaran harga 150 juta-250 juta. Jadi banyak orang, terutama para generasi milenial yang memilih rumah type 30/60 menjadi rumah idaman.

Meskipun ukuran rumah type 30/60 terbilang mungil, tapi kamu bisa menyulap rumah mungil kamu menjadi hunian idaman yang nyaman. Penataan interior rumah dan konsep rumah idaman haruslah sesuai agar kamu nyaman dan betah di rumah. Nah, buat kamu yang bingung mencari inspirasi desain rumah minimalis type 30/60, simak terus artikel ini ya!

Rumah Minimalis Modern ala Cafe

Rumah Minimalis Modern

Rumah Mungil Minimalis Modern ala Cafe via Tinyliving

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mendesain rumah mungil adalah fungsi ruangan yang harus dimaksimalkan. Kamu bisa menyatukan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga sekaligus dengan mengadaptasi desain cafe. Rumah mungil kamu akan terlihat aesthetic dan tentunya nyaman.

Rumah Minimalis Modern Tipe 30/60

Rumah Minimalis Modern ala Cafe via Tinyhousetalk

Dominasi warna putih pada dinding rumah dengan motif garis. Lalu ditambah dengan pemilihan perabot dan lantai dari kayu membuat kesan modern sekaligus tradisional. Kursi dan meja makan yang diletakkan tepat di depan jendela besar dan dekat dengan dapur akan membuat suasana makan pagi terasa lebih menyenangkan. Saat makan malam pun juga akan terasa hangat karena pemilihan lampu yang tepat dan aksen kayu di bagian atap. Selain itu, pemilihan warna tosca tua yang ditambahkan pada bagian dapur berfungsi sebagai pembatas ruangan sekaligus menambah aksen dalam rumah. Selain itu, dengan adanya tanaman dalam ruang membuat ruangan terkesan sejuk. Jadi, saat kamu mengundang teman untuk makan bersama, maka suasana akrab seperti di cafe akan lebih terasa.

Rumah Minimalis Loft dan Mezzanine

Tipe loft dan mezzanine merupakan desain apartemen yang akhir-akhir ini sedang naik daun. Awalnya apartemen dengan desain ini banyak dijumpai di luar negeri. Namun, sekarang apartemen tipe ini banyak dijumpai di Indonesia. Salah satunya di area Jakarta Coret yang banyak dijumpai bangunan rumah minimalis modern.

Rumah Minimalis Modern Bergaya Loft

Rumah Minimalis Loft via Pinterest

Salah satu ciri apartemen tipe loft dan mezzanine adalah plafon yang tinggi karena adanya lantai tambahan di bawah atap atau area di antara dua lantai utama. Secara konsep tipe loft dan mezzanine hampir mirip. Bedanya loft biasanya ditemukan pada apartemen satu lantai. Loft merupakan extension dari kamar. Mezzanine adalah lantai yang luasnya hanya setengah dari lantai di bawahnya dan biasanya tidak difungsikan sebagai kamar.

Maksimalkan Potensi Rumah dengan Mezzanine

Rumah Minimalis Mezzanine via Pinterest

Penambahan mezzanine ini juga bisa menghemat biaya karena kamu bisa membuat ruangan berlantai dua tanpa menambah lantai bangunan. Selain itu, penggunaan jendela besar membuat rumah terlihat luas. Penambahan aksen dengan menggunakan karpet bermotif, tanaman hijau dalam ruangan, dan cermin bulat yang senada dengan tonewarna rumah membuat rumah idaman semakin cantik.

Rumah Minimalis Modern dengan Penyekat Multifungsi

Desain Gemas Rumah Minimalis

Rumah Minimalis Modern via Planète Déco

Rumah minimalis identik dengan interior yang sedikit dan memaksimalkan fungsi ruang maupun perabot. Salah satu contohnya dengan memanfaatkan rak buku sebagai pembatas ruang. Selain rak buku, kamu juga bisa menambahkan lemari penyimpanan, mempermainkan warna cat rumah, maupun mempermainkan ketinggian lantai rumah, sehingga rumah kamu tidak penuh dengan perabot yang akan membuat sesak.

Rak Buku Sebagai Penyekat Ruangan

Rumah minimalis modern dengan penyekat multifungsi via Thenordroom

Penempatan rak buku berwarna putih senada dengan warna cat rumah membuat keduanya seperti satu kesatuan. Lalu dipercantik dengan beberapa lukisan senada dan pemilihan furnitur yang disesuaikan dengan tonewarna rumah. Tambahan tanaman dalam rumah membuat rumah kamu lebih segar. Pemilihan warna putih dan memaksimalkan fungsi rak buku sebagai penyimpanan serta sebagai pembatas ruang, membuat rumah terasa longgar dan bersih.

Rumah Minimalis dengan Transformasi Perabot

Transformasi Perabot, Kunci Rumah Mungil yang Stylish

Rumah Minimalis dengan Transformasi Perabot via Pinterest

Luas bangunan rumah dengan ukuran 30 meter persegi memang terlihat mungil. Salah satu alternatif yang bisa kamu pilih adalah dengan memilih perabot yang bisa diubah menjadi bentuk yang lain. Misalnya saja tangga yang merangkap lemari penyimpanan atau laci. Atau meja yang bisa dilipat, tempat tidur yang bisa ditempel ke tembok saat tidak dipakai, bagian bawah tempat tidur menjadi laci penyimpanan, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan perabot yang bisa berubah-ubah, kamu bisa menghemat biaya dan juga tempat.

Rumah Minimalis Modern dengan MulticolorInterior

Permainan Warna, Jangan Ditakuti

Rumah Minimalis Modern dengan Multicolor Interior via LA Times

Meskipun konsep minimalis sering menggunakan warna monochrome, kamu juga bisa mengkreasikan permainan warna cat rumah maupun warna interior untuk rumah idaman. Penggunaan warna cat rumah yang tepat akan membuat mood kamu baik. Saat memilih warna cat rumah, sesuaikan dengan fungsi ruangannya karena setiap warna akan memberi suasana yang berbeda-beda.

Pada rumah bergaya rustic modern ini lantai kayu memberikan kesan warm dan klasik. Karpet dengan motif ramai apik berpadu dengan warna-warna yang ditonjolkan dalam ruangan. Meskipun memakai warna yang beragam, tapi terlihat seperti satu kesatuan. Lalu dipercantik dengan tanaman dalam ruangan yang ditempatkan di lokasi yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ruangan ini membuktikan bahwa beragam motif dan warna bisa dipadukan tanpa membuat pusing ketika dilihat.

Masih banyak lagi desain rumah minimalis tipe 30/60 yang bisa kamu pilih untuk menentukan desain rumah idaman. Kamu bisa menggunakan gaya yang berbeda untuk setiap ruang agar rumah kamu mempunyai suasana yang beragam. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna cat rumah yang beragam sebagai pembeda antar ruang. Namun, perhatikan juga rencana masa depan dan budget kamu. Misalnya kamu berencana untuk menambah lantai rumah atau memperluas rumah. Agar nanti saat melakukan renovasi kamu tidak rugi karena memilih desain awal yang kurang tepat.

Huni.id bisa membantu kamu menemukan rumah idaman tipe 30/60 maupun tipe yang lain. Kamu bisa mencari rumah di lokasi yang kamu inginkan dengan menfaatkan fitur Huni Map. Kamu juga bisa melihat detail rumah lengkap dengan legalitasnya hanya dengan mengakses lewat smarphonetanpa harus datang langsung. Kamu juga bisa langsung chat dengan agen jika kamu sudah menemukan rumah yang menarik. Jika kamu bingung menemukan rumah idaman, tenang saja, ada Huni Smart yang akan membantu menemukan rumah sesuai keinginan. Kamu bisa akses ribuan properti dengan mudah dan nyaman di Huni. Menarik kan?