Huni - Temanmu Cari Properti

Apartemen juga Bisa Jadi Rumah Idaman

Apartemen bisa jadi rumah idaman bagi Anda yang ingin tinggal di kota. Beli rumah dan cari rumah lebih enak pakai situs jual beli rumah.


A
Azaria Nur Fadhilah23 Agt 2021 17:53
  • Bagikan :

Apartemen juga Bisa Jadi Rumah Idaman

Apartemen juga Bisa Jadi Rumah Idaman

Setiap orang pasti mempunyai gambaran tentang rumah idaman. Banyak diantaranya ingin memiliki rumah tapak agar bisa lebih longgar dan dekat dengan pusat kota. Namun, seiring berjalannya waktu, lahan kosong yang berada di dekat pusat kota semakin jarang dan jika ada, harganya sangat tinggi. Padahal kamu juga harus memikirkan biaya pembuatan rumah, pekerja bangunan, dan lainnya. Perlu biaya dan waktu yang banyak untuk bisa merealisasikan rumah idaman.

Salah satu alternatif yang sekarang ini sedang menjadi tren cari rumah di kalangan generasi milenial adalah apartemen. Meskipun tidak memiliki tanah secara langsung, tapi apartemen bisa menjadi rumah idaman yang nyaman. Selain itu, tinggal di apartemen dianggap lebih fleksibel dan praktis serta mencerminkan gaya hidup masyarakat zaman sekarang yang cenderung modern.

Sebagai gambaran sekilas tentang apartemen, dikutip dari Rumah123.com, ada tiga konsep apartemen yang menjadi tren di kota-kota besar Indonesia, yaitu Transit Oriented Development, Mixed-Use, dan Superblok. 

Transit Oriented Development(TOD) adalah konsep yang menggabungkan guna lahan residensial, perdagangan, jasa, perkantoran, ruang terbuka, dan ruang publik dalam lingkungan yang ramah untuk pejalan kaki, sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan serta meningkatkan efisensi jarak dan waktu. Sedangkan Mixed-Use adalah bangunan pencakar langit dengan konsep multifungsi, karena di dalamnya terdapat apartemen, hotel, kantor, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Terakhir ada Superblok, yaitu konsep apartemen yang memaksimalkan fungsi kawasan di sekitarnya. Kawasan superblok biasanya sering disebut sebagai kota di dalam kota atau kota mandiri. Ketiga konsep apartemen ini sering dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia terutama di kawasan padat penduduk.

Diberitakan oleh portal Lamudi.co.id mengadakan survei tentang kota yang diminati para pencari apartemen kepada pengunjung Lamudi selama bulan Oktober 2017. Dari survei itu didapatkan 5 kota yang menjadi primadona.

Di posisi pertama, sebanyak 4.592 orang mencari apartemen di wilayah Jakarta Selatan, terutama di area Kalibata, Kuningan, dan Casablanka. Hal tersebut karena di daerah Jakarta Selatan terdapat fasilitas yang lengkap, mulai dari pusat perbelanjaan, hiburan, pendidikan, kesehatan, hingga mudahnya akses transportasi menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kisaran harga rata-rata apartemen di Jakarta Selatan dijual Rp 32 juta per meter persegi.

Di urutan kedua, sebanyak 2.566 orang mengincar apartemen di daerah kota Surabaya. Kisaran harga rata-rata apartemen di Surabaya dijual Rp 14 juta per meter persegi. Selanjutnya di urutan ketiga ditempati Jakarta Pusat, sebanyak 2.194 orang memutuskan mencari apartemen di wilayah ini dengan rata-rata harga apartemen Rp 22 juta per meter persegi.

Kemudian diposisi ke empat ada Jakarta Utara, ada 1.803 orang yang mengincar apartemen di daerah ini. Kisaran harga apartemen di wilayah Jakarta Pusat dijual Rp 16 juta per meter persegi. Sedangkan di urutan ke lima ada Paris van Java atau kota Bandung, sebanyak 1.657 orang memilih apartemen di kota ini. Harga rata-rata apartemen di kota ini sekitar Rp 15 juta per meter persegi.

Itu tadi sedikit gambaran beberapa konsep apartemen yang sering dijumpai dan 5 kota yang menjadi primadona pencari apartemen. Semua konsep itu mempunyai kesamaan, yaitu mempermudah aktivitas dan berada di lokasi yang strategis sehingga waktu yang kamu miliki lebih efisien. Menarik bukan?

Masih ragu untuk memilih apartemen jadi rumah impian? Mungkin alasan-alasan berikut ini dapat membuat mu lebih yakin:

Lokasi yang Strategis

Pasti ingin mempunyai hunian yang berada di tengah kota bukan? Apartemen biasanya dibangun di area strategis, seperti di pusat kota sehingga akses transportasi lebih mudah dan dekat dengan area perkantoran serta akomodasi strategis lainnya. Karena jika jarak tempat kerja dan rumah dekat, maka kamu bisa menghemat biaya dan waktu. Kamu bisa segera sampai di rumah setelah bekerja seharian dengan cepat.

Keamanan Lebih Terjamin

Salah satu keunggulan apartemen adalah keamanan yang lebih terjamin. Karena selama 24 jam dalam seminggu ada bagian security yang selalu berjaga dan dilengkapi dengan CCTV di beberpa titik, sehingga kamu lebih terlindungi dari kejahatan. Bahkan saat ada tamu yang datang berkunjung perlu melewati beberapa sistem keamanan terlebih dahulu karena tidak semua orang bisa mengakses setiap lantai apartemen.

Fasilitas yang Komplit

Tinggal di apartemen berarti kamu juga bisa menikmati fasilitas yang disediakan, mulai dari ruang olahraga, kolam renang, fasilitaslaundry, tempat parkir yang luas, dan lain-lain. Jika dibandingkan dengan rumah dimana kamu harus mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit agar bisa menikmati fasilitas seperti itu, tentu lebih menarik tinggal di apartemen bukan?

Biaya Perawatan Lebih Murah

Dari segi biaya perawatan, biaya perawatan apartemen lebih murah dibandingkan dengan biaya perawatan rumah. Bahkan beberapa apartemen akan menanggung biaya perawatan jika ada kerusakan. Namun, ada juga apartemen yang membebankan biaya pewatan kepada penghuni jika kerusakan tidak berada di bagian publik. Kamu bisa mencari tahu semua lebih awal agar sama-sama diuntungkan. Bahkan beberapa kontraktor dari apartemen juga menawarkan perawatan yang bisa dihubungi kapan saja. Jadi, cukup memudahkan jika ada masalah-masalah yang tidak terduga nantinya.

Itu tadi kelebihan apartemen dibandingkan rumah tapak yang bisa kamu pertimbangkan. Mungkin kamu akan bertanya bagaimana dengan anak-anak di apartemen? Mereka tentunya lebih nggak bebas. Solusinya adalah penataan interior ruangan.Sekarang inspirasi interior ruangan sungguh mudah didapat. Instagram, pinterest, atau browsing situs jual beli rumah. Kamu juga bisa menerapkan konsep desain interior rumah minimalis untuk apartemen. Bagaimana caranya? Berikut tips agar apartemen kamu terasa lebih luas dan tetap menawan.

· Gunakan Warna Terang dan Cerah

Penggunaan warna terang akan menciptakan kesan luas pada ruangan. Oleh karena itu biasanya di apartemen menggunakan warna terang sebagai cat rumah, seperti warna putih. Kamu bisa memadukan warna putih di bagian dinding dan warna coklat muda atau abu-abu muda untuk warna furniturnya.

· Pilih Furnitur Multifungsi

Jangan memasukkan terlalu banyak perabotan ke dalam apartemen karena akan membuat ruangan semakin sempit dan sumpek. Tipsnya adalah pilihlah furnitur multifungsi dan terbuat dari material yang sederhana, ringan, dan memantulkan cahaya, atau tembus pandang. Misalnya, memanfaatkan bagian bawah tempat tidur untuk laci tempat menyimpan baju. Selain itu, kamu juga harus memaksimalkan fungsi ruang. Misalnya memanfaatkan dinding untuk pajangan, instalasi televisi, rak makanan, atau yang lainnya. Karena luasnya terbatas, pastikan jangan dekorasi apartemen secara berlebihan.

· Manfaatkan Cermin

Menempatkan cermin di ruangan akan membuat apartemen tampak lebih luas. Selain membuat kesan lebih lapang, cermin juga membuat apartemen terlihat lebih terang karena cahaya matahari bisa masuk. Cahaya yang masuk ke dalam ruangan dapat mempengaruhi suasana hati dan produktivitas lho.

Itu tadi tips agar apartemen kamu terasa lebih longgar. Jangan lupa untuk membersihkan secara berkala agar apartemen kamu tetap rapi dan nyaman. Bagaimana? Tertarik tinggal di apartemen? Kamu bisa mengakses situs jual beli rumah yang menawarkan rumah dijual maupun rumah disewa untuk mencari apartemen yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Huni.id bisa membantu kamu menemukan apartemen yang akan menjadi rumah idaman. Kamu bisa menggunakan Huni Map untuk mencari lokasi apartemen yang sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu, kamu bisa melihat detail apartemen tanpa harus datang langsung. Jika ada apartemen yang menarik minat, kamu bisa langsung chatdengan agen untuk bertanya lebih jauh. Jika kamu masih belum tahu, tenang saja, ada Huni Smart yang akan membantu kamu menemukan apartemen yang tepat. Kamu bisa akses ribuan properti dengan mudah dan nyaman di Huni. Menarik kan? Akses Huni dan temukan apartemen yang akan menjadi hunian idaman!