Huni - Temanmu Cari Properti

KPR DP 0%? Ini yang Perlu Kamu Tahu

Beli rumah dengan DP 0 persen berlaku dari tanggal 1 Maret 2021. BI mengeluarkan kebijakan baru untuk mendorong pemulihan ekonomi.


A
Andini Haryani25 Feb 2021 20:21
  • Bagikan :

KPR DP 0%? Ini yang Perlu Kamu Tahu

KPR DP 0%? Ini yang Perlu Kamu Tahu

Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan uang muka 0 persen untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pihak perbankan dapat melakukan pembiayaan properti 100 persen. Kebijakan ini akan mulai diberlakukan pada tanggal 1 Maret 2021 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Nah, sebelum kamu terlanjur semangat berburu rumah, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui menyangkut kebijakan ini. Pertama, tak semua bank bisa menawarkan pelonggaran DP 0 persen ini. Hanya bank dengan rasio kredit macet (NPL/NPF) di bawah 5 persen. Dalam kata lain, bank yang benar-benar sehat. Jadi sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu bilamana bank pilihanmu memenuhi kriteria ini.

Bagaimana Performa Bank Mempengaruhi Implementasi Kebijakan BI

Kebijakan ini akan diberlakukan untuk semua jenis properti, mulai dari rumah tapak, rumah susun, bahkan rumah kantor dan rumah toko pertama, kedua, dan ketiga berdasarkan akad murahabah, akad musyarakah mutanaqishah, akad istishna, dan akad ijarah al muntahiya bit tamlik.

Rumah tapak yang masuk kategori pelonggaran DP 0 persen di bank dengan NPL di bawah 5 persen adalah yang berukuran kurang dari 21 meter persegi, 21-70 meter persegi, dan lebih dari 70 meter persegi.

Nah, kalau kamu ingin membeli rumah pertama dan properti yang diinginkan adalah rumah tapak atau rumah susun berukuran kurang dari 21 meter persegi maka bank manapun bisa menjadi rekanmu. Mereka diperbolehkan menawarkan DP 0 persen terlepas dari NPL mereka. Bila ini adalah kali pertama kamu membeli rumah, ini adalah kesempatan unik untukmu!

Perbankan dengan NPL lebih tinggi dari 5 persen hanya bisa melakukan pelonggaran DP 0 persen kepada rumah tapak berukuran kurang dari 21 meter persegi dan hanya kepada mereka yang baru pertama kali membeli rumah. Untuk jenis properti lainnya bank dalam kategori ini hanya bisa menawarkan pembiayaan 90-95 persen. Cek lebih lanjut dengan banker untuk mendapatkan informasi lebih jelas tentang jenis properti dan pembiayaan yang dapat mereka lakukan.

Kebijakan DP 0 persen dari Bank Indonesia ini adalah bagian dari Paket Kebijakan Terpadu Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KKSK) untuk Peningkatan Pembiayaan Dunia Usaha dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi (PEN).

Huni.id dapat menjadi temanmu cari-cari rumah idaman. Maksimalkan penggunaan fitur-fitur huni.id untuk mendapatkan rumah yang paling sesuai untukmu dan keluarga. Beli rumah tak perlu jadi pengalaman yang membuat stress. Pemilihin lokasi adalah yang nomor satu dalam kamus huni.id dalam proses pencarian rumah. Gunakan peta huni.id untuk mengerucutkan pilihan. Rumah baru atau pun rumah lama punya potensi untuk jadi rumah paling sempurna untukmu. Last but not least, jangan skip proses evaluasi kondisi keuanganmu sebelum berkomitmen membeli properti. Selamat cari-cari rumah!