Huni - Temanmu Cari Properti

Investasi Kos-Kosan, Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Tertarik untuk investasi properti? Rumah kos bisa jadi peluang menjanjikan untukmu. Pingin cuan bisnis rumah kos? Baca dulu artikel ini.


A
Azaria Nur Fadhilah7 Apr 2021 16:20
  • Bagikan :

Investasi Kos-Kosan, Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Investasi Kos-Kosan, Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Investasi bidang real estate menjadi salah satu tren yang cukup diminati masyarakat karena banyak yang membutuhkannya, misalnya saja rumah kos. Namun, tentu saja perlu pertimbangan sebelum mengeksekusinya. Ini yang perlu kamu tahu:

Pengertian Investasi

Menurut Eduardus Tandelilin dalam bukunya yang berjudul Pasar Modal (2017), investasi adalah komitmen untuk menempatkan sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa mendatang.

Investasi Real Estate

Investasi ini mempunyai keuntungan yang semakin meningkat dalam jangka panjang, lebih aman dan stabil, serta banyak peminat. Misalnya saja rumah kos, sewa rumah, apartemen, jual rumah, dan masih banyak lagi.

Secara umum, investasi properti ada tiga jenis, yaitu:

Real Estate Komersial

Salah satu jenis investasi properti yang menguntungkan adalah investasi di bangunan komersil, seperti gedung perkantoran, lahan parkir, dan ruko. Investasi di bangunan komersil menguntungkan karena pembayaran sewa yang rutin.

Fixer Upper

Investasi ini mempunyai prinsip, membeli properti lalu memperbaikinya untuk kemudian dijual atau disewakan kembali. Misalnya membeli rumah besar yang kondisinya hampir rusak dengan harga murah, lalu memperbaikinya mulai dengan perubahan denah rumah, desain rumah, atau menambahkan fitur yang menambah nilai jual. Lalu, rumah dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Investasi jenis ini membutuhkan perhitungan yang baik dan kreatifitas.

Sewa Hunian

Sewa Hunian adalah jenis investasi yang populer di kalangan masyarakat. Dengan menyewakan hunian, seperti sewa rumah, rumah kos, atau sewa apartemen, investor bisa mendapatkan pendapatan rutin tiap bulan dari pembayaran sewa. Namun perlu diingat bahwa properti hunian memerlukan perawatan untuk mempertahankan nilai. Pemilihan lokasi juga sangat penting.

Kelebihan Investasi Real Estate

Meskipun investasi bidang real estate diperkirakan akan mengalami kenaikan di tahun 2021 ini, namun masih banyak yang belum mengetahui kelebihan investasi real estate.

Selalu Dibutuhkan Masyarakat

Semakin sedikitnya lahan tersisa tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang terus meningkat. Properti akan selalu dibutuhkan.

Harga Selalu Meningkat

Harga properti hampir pasti mengalami peningkatan yang stabil setiap tahunnya. Terlebih jika berada di lokasi strategis. Selain itu, karena harga yang terus meningkat, maka investasi real estate terhindar dari dampak inflasi.

Rendah Risiko

Investasi di real estate memiliki resiko yang relatif rendah. Pergerakannya tidak terlalu sensitif jika dibandingkan dengan investasi ekuitas (saham). Jika mengalami penurunan harga, tidak akan mengalami penurunan drastis.

Investasi Rumah Kos

Bisnis rumah kos cukup menjanjikan jika kamu tertarik untuk berinvestasi di bidang real estate. Pendapatan pasif setiap bulan jadi daya tarik utama. Tapi selain dari pendapatan pasif setiap bulan, kenapa sih investasi di rumah kos masuk akal?

Permintaan Kamar Kos Selalu Ada

Karena semakin sedikitnya lahan yang tersisa berbanding terbalik dengan jumlah masyarakat yang membutuhkan hunian, apalagi di kota-kota besar. Di dekat area perkantoran maupun perguruan tinggi, misalnya, yang hampir setiap tahun menarik pendatang baru. Para pendatang ini selalu membutuhkan tempat tinggal dengan jangka waktu yang beragam.

Membuka Peluang Usaha Lain

Lewat bisnis rumah kos kamu bisa merambah ke bidang usaha lain yang masih terkait dengan kos-kosanmu. Misalnya jasa laundry. Tidak semua penghuni kos mencuci pakaian mereka sendiri. Menyediakan jasa cuci di rumah kos jadi solusi ideal bagi para penghuni.

Dari bisnis kos juga bisa lahir bisnis katering makanan. Karena tidak semua penghuni kos memasak makanan sendiri, banyak yang lebih memilih membeli makanan di luar. Pemilik kos bisa menawarkan jasa katering untuk penghuni kos. Ide jualan makanan di rumah sebaiknya yang sehat dan sederhana namun lezat! Bisnis rumahan pun bisa membantu orang-orang terdekatmu untuk terlibat dan maju bersama.

Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kos

Berdasarkan data dari Mamikos, ada 13 kota yang mempunyai peminat rumah kos terbanyak di Indonesia. Ke 13 kota itu antara lain: Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali, Malang, Solo, Semarang, Karawang, Medan, Makassar, Bekasi, dan Tangerang. Lewat informasi ini investor bisa menentukan lokasi yang paling menjanjikan untuk bisnis kos.

Setelah menentukan kota yang cocok untuk bisnis kos, selanjutnya adalah menentukan areanya. Pencari kamar kos biasanya adalah pegawai kantor, pekerja pabrik, dan mahasiswa. Masuk akal bila rumah kos pun dekat dengan perguruan tinggi, perkantoran, atau pabrik misalnya. Penting juga untuk mempertimbangkan kemudahan akses transportasi umum dan jarak ke fasilitas pelayanan umum, karena hal tersebut bisa menjadi nilai tambah untuk rumah kos.

Sasaran Penghuni

Setiap penghuni kos mempunyai kebutuhan yang berbeda. Mahasiswa akan lebih memilih kos yang sederhana, dengan satu tempat tidur, dan tak mempermasalahkan lokasi kamar mandi dalam ataupun luar. Berbeda dengan yang sudah berkeluarga, mereka akan memilih kos yang mempunyai 2-3 tempat tidur, kamar mandi dalam, dan ada dapur.

Fasilitas dan Harga

Jika dibandingkan dengan menyewa rumah ataupun membeli rumah, bagi banyak orang rumah kos akan jadi pilihan utama karena harga yang terjangkau. Nah, harga berbanding lurus dengan fasilitas yang disediakan. Berikut beragam tipe rumah kos:

Kos Tipe A

Tipe kamar ini mempunyai harga yang murah sekitar Rp 500.000 - Rp 850.000-an tergantung daerah masing-masing. Fasilitas kamar standar yang dilengkapi dengan lemari dan sebuah kasur, sedangkan kamar mandi dan fasilitas lainnya berada di luar kamar.

Kos Tipe B

Tipe kamar ini juga mempunyai harga yang terjangkau. Fasilitas kamar lebih di atas tipe A, kasur, lemari, beberapa kamar mandi dalam, dan beberapa sudah punya token listrik sendiri.

Kos Tipe C

Tipe kamar ini mempunyai harga sekitar Rp 1.200.000 - Rp 1.500.000 tergantung daerah. Fasilitas kamar lebih mewah dari tipe A dan B, dengan kamar mandi dalam, meja belajar, Wi-Fi, dan AC. Tipe ini dilengkapi dengan CCTV dan satpam.

Kos Eksklusif

Tipe kamar ini mempunyai harga sekitar Rp 1.900.000 - Rp 5.000.000-an tergantung daerah. Fasilitas kamar lebih oke lagi dari tipe C, dilengkapi dengan fasilitas seperti meja rias, dapur, ruang tamu, bahkan fasilitas laundry.

Kos Loft

Tipe kamar ini masih jarang disediakan dan harganya relatif mahal, karena membagi kamar menjadi dua bagian, bagian atas menjadi area tidur, bagian bawah menjadi area santai dan kamar mandi.

Keamanan

Sebagai pemilik kos kamu perlu memperhatikan tentang keamanan. Seperti pemilihan lokasi yang nyaman dan minim kejahatan, menambahkan CCTV, dan mengumpulkan identitas penghuni kos.

Huni.id dapat membantu kamu untuk memukan rumah idaman dan juga beragam jenis properti lainnya. Kamu bisa mencari dengan mudah rumah yang akan dibeli ataupun disewa di seluruh provinsi di Indonesia. Dengan peta huni.id, kamu bisa melihat properti yang ditawarkan berdasarkan daerah yang kamu pilih, lengkap dengan lokasi, harga, dan fasilitas. Selain itu, kamu juga bisa chat dengan agen. Jadi kamu tidak perlu stres dalam menemukan rumah idaman atau bangunan komersil seperti rumah kos. Selamat mencari rumah!