Huni - Temanmu Cari Properti

9 Alasan Mengapa Surabaya menjadi Pilihan Menarik untuk Tempat Tinggal

Kota Surabaya memang menjadi incaran bagi pencari rumah idaman. Karena Surabaya menawarkan kemudahan akses dan fasilitas yang lengkap.


A
Azaria Nur Fadhilah9 Apr 2022 16:07
  • Bagikan :

9 Alasan Mengapa Surabaya menjadi Pilihan Menarik untuk Tempat Tinggal

9 Alasan Mengapa Surabaya menjadi Pilihan Menarik untuk Tempat Tinggal

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia. Kota metropolitan yang kental dengan sejarah bangsa Indonesia, mulai dari jaman kerajaan Hindhu-Budha hingga perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kamu bisa menemukan arsitektur bangunan yang terpengaruh kolonial, Jawa, Asia, modern, dan post-modern di Kota Surabaya.

Selain itu, ada mitos menarik tentang asal nama Kota Surabaya. Kamu tau gak kalau ternyata nama kota Surabaya diambil dari nama dua hewan? Ternyata nama kota Surabaya, diambil dari nama ikan sura atau suro (ikan hiu) dan baya atau boyo (buaya). Ikan sura atau suro melambangkan keberanian, sedangkan baya atau boyo melambangkan bahaya, artinya arek Suroboyo yang pemberani melawan bahaya. Meskipun ada banyak versi asal muasal nama kota Surabaya, hal itu semakin menambah cerita menarik dari Kota Pahlawan ini.

Selain itu, Surabaya mempunyai daerah metropolitan terbesar kedua setelah Jabodetabek, tepatnya di kawasan Gerbangkertosusila. Kawasan ini terdiri dari beberapa kota di Jawa Timur, yaitu Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan. Kawasan yang berpusat di Kota Surabaya ini akan menjadi magnet pembangunan di Jawa Timur.

Nah, buat kamu yang sedang mencari lokasi rumah idaman, kota Surabaya bisa menjadi pilihan tepat untuk rumah idaman lho! Kenapa?

Simak artikel ini ya! Huni akan memberikan kamu 9 alasan mengapa Surabaya menjadi pilihan menarik untuk tempat tinggal.

1. Kota Metropolitan

Meskipun letaknya yang berjauhan dengan Jabodetabek, Surabaya juga menjadi kota metropolitan di Indonesia. Penduduknya yang semakin meningkat, selaras dengan pembangunan infrastruktur yang semakin meningkat. Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Surabaya, jumlah penduduk Kota Surabaya tahun 2020 sebanyak 2.971.300 jiwa.

Terlebih setelah di tetapkannya Kawasan Gerbangkertosusila berdasarkan PP No. 13 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, yang akan memegang peranan penting sebagai pusat kegiatan ekonomi di wilayah Indonesia bagian timur. Berpusat di Kota Surabaya, kawasan ini akan menjadi pusat perekonomian dan transportasi di Jawa Timur. Banyak infrastruktur yang sudah dibangun di kawasan ini, seperti jalan raya, kereta api, pelabuhan, dan bandara berskala internasional. Selain itu, wilayah perairannya merupakan jalur pelayaran terpadat di Indonesia. Dikutip dari web KKP, kawasan Gerbangkertosusila ini kedepannya akan menjadi area metropolitan yang cerdas dan hijau serta menjadi pusat pertumbuhan global yang berkelanjutan.

2. Jejak Sejarah yang Panjang

Surabaya menyimpan jejak sejarah yang panjang. Mulai dari kerajaan Hindhu-Budha hingga perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Dikutip dari situs Pemerintah Kota Surabaya, hari jadi kota Surabaya, yaitu tanggal 31 Mei diambil dari hari dimana Raden Wijaya berhasil mengalahkan pasukan Mongol. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 31 Mei 1793 di Ujung Galuh, Surabaya bagian utara. Raden Wiaya merupakan pendiri sekaligus raja pertama kerajaan Majapahit.

Selain itu, ada pertempuran besar terjadi di Surabaya yang terjadi pada 27 Oktober hingga 20 November 1945 dan puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945. Itulah mengapa setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pertempuran ini terjadi antara arek-arek Suroboyo dengan pihak sekutu. Berkat kegigihan arek Surabaya inilah yang menjadi asal mula julukan Kota Pahlawan.

Sejarah panjang yang terjadi di Surabaya ini bisa kamu temukan di berbagai literatur. Menariknya lagi ada beberapa tempat peninggalan sejarah yang masih awet hingga sekarang.

3. Sarana dan Kualitas Pendidikan yang Baik

Di Surabaya, kamu bisa menemukan sekolah dengan mudah, mulai dari TK hingga Universitas dengan kualitas yang baik. Selain sekolah negeri, ada pula sekolah swasta bahkan sekolah internasional di Surabaya. Bahkan pada jenjang perguruan tinggi, ada perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) yang masuk menjadi kampus idaman di Indonesia. Misalnya saja Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Univesitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Surabaya (Ubaya), dan masih banyak lagi.

Selain pendidikan formal, di Surabaya kamu bisa menemukan kampung bahasa yang menyedikan fasilitas kursus bahasa asing. Dinamakan kampung bahasa karena di sini hampir semua warganya menguasai bahasa asing, sehingga lingkungan seperti ini akan mempermudah kamu mempelajari bahasa asing. Ada juga perpustakaan umum maupun taman baca yang jumlahnya banyak.

Jadi, kamu tidak perlu cemas memikirkan masalah pendidikan di sini.

4. Akses Transportasi Mudah dan Fasilitas Lengkap

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya mempunyai kemudahan akses transportasi publik. Jaringan jalan raya, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara berskala internasional. Jadi, kamu tidak perlu cemas memikirkan transportasi. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa mengunungi pusat perbelanjaan atau pasar tradisional. Keduanya bisa kamu temukan dengan mudah.

Di Surabaya, ada beberapa rumah sakit besar, baik rumah sakit swasta maupun milik pemerintah yang bisa kamu jadikan rujukan. Beberapa diantaranya ada RSU Universitas Airlangga Surabaya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bhakti Dharma Husada, RSU Siloam Hospital, RSU Premier Surabaya, RSU National Hospital, dan sebagainya.

5. Banyak Kuliner dengan Harga Ramah di Kantong

Saat kulineran di Surabaya, alangkah baiknya jika kamu mencoba makanan khas Surabaya yang jarang kamu temukan di tempat lain, seperti rawon dan rujak cingur. Rawon dengan bumbu kluweknya yang pekat dan rujak cingur dengan irisan tipis moncong sapi. Tentu akan terasa lebih nikmat jika menikmati langsung di daerah asalnya, bukan?

Selain makanan khas Surabaya, ada juga makanan-makanan lain yang akan menggugah selera kamu. Ada banyak café di Surabaya yang menyajikan menu-menu yang unik dan konsep café yang beragam. Ada pula banyak resto di Surabaya yang menghadirkan beragam menu dengan harga yang relatif murah. Salah satunya adalah Food Junction Grand Pakuwon yang menyediakan makanan nusantara hingga mancanegara dengan pemandangan danau buatan. Jadi, kamu akan menemukan tempat nongkrong asik di Surabaya dengan mudah dengan harga yang aman di kantong.

6. Hiburan yang Mudah Ditemukan

Di Surabaya, kamu bisa menemukan banyak pusat perbelanjaan yang di dalamnya tidak hanya menyediakan kebutuhan sehari-hari saja, tetapi juga hiburan. Biasanya di dalam mall, ada playground untuk anak-anak dan bioskop. Kamu bisa menonton film di bioskop XXI Surabaya atau di CGV Surabaya untuk melepas penat sejenak.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kesenian tradisional yang masih ada sampai sekarang. Ada banyak kesenian tradisional khas Surabaya yang bisa kamu nikmati. Salah satunya adalah Ludruk. Ludruk adalah pertunjukan seni drama yang diselingi dengan humor dan diiringi gamelan sebagai musik.

Selain itu, salah satu hiburan yang bisa kamu coba adalah mengunjungi taman kota. Di Surabaya, mulai banyak dibangun taman kota yang menyediakan fasilitas lengkap dan berukuran besar. Salah satunya adalah ada area jogging. Jadi, kamu bisa sekedar healing atau berolahraga.

7. Banyak Daerah Pemukiman, Perdagangan, Maupun Industri

Surabaya terbagi menjadi 5 bagian, yaitu Surabaya Pusat, Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Utara dan Surabaya Selatan. Dimana, setiap wilayah mempunyai karakteristiknya yang menjadi daya tarik untuk punya rumah idaman di Surabaya.

a)  Surabaya Pusat

Surabaya Pusat adalah jantung kota Surabaya yang terdiri dari empat kecamatan. Surabaya Pusat menjadi pusat dari kegiatan bisnis dan perdagangan. Daerah pemukiman di wilayah ini sudah lama terbentuk, jadi tidak banyak pengembang properti yang membangun perumahan di kawasan ini. Ditambah dengan harga tanah yang cukup mahal, para developer lebih memilih membangun hunian vertikal atau apartemen.

Salah satu kecamatan yang menjadi incaran para pencari rumah idaman maupun para pendatang adalah Bubutan. Akses transportasi mudah dan fasilitas publik pun memadai. Selain itu, di kawasan ini banyak bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh, seperti Monumen Tugu Pahlawan, Museum Sepuluh November, Museum De Javasche Bank, dan lain sebagainya.

b)  Surabaya Timur

Surabaya Timur terdiri dari tujuh kecamatan, yang sebagian besar wilayahnya difungsikan sebagai perumahan. Selain banyak perumahan, di sini juga ada kawasan industri Rungkut dan universitas ternama, yaitu ITS dan UNAIR. Di Surabaya Timur ini, ada beberapa kecamatan yang bisa kamu masukkan list, seperti:

-  Rungkut

Rungkut merupakan area yang menjadi favorit. Hunian vertikal atau apartemen mulai banyak ditemukan di sini. Selain apartemen, ada banyak rumah dijual Surabaya yang bisa kamu pilih. Selain area hunian, di Rungkut juga ada destinasi wisata terkenal yang patut kamu coba.

-  Gubeng

Gubeng merupakan daerah yang berpotensi dalam bidang perekonomian dan bisnis. Jadi banyak perantau yang memilih daerah ini untuk mencari pekerjaan ataupun rumah idaman. Ada apartemen, rumah kos, rumah dijual, maupun rumah disewa. Di daerah Gubeng, ada stasiun Surabaya Gubeng yang merupakan stasiun terbesar di Surabaya.

-  Mulyorejo

Daerah ini seperti magnet, bagi para investor, pencari rumah, maupun pelajar. Harga rumah di Surabaya, terutama di kawasan ini relatif terjangkau. Di sini ada Pakuwon City yang merupakan kawasan hunian eksklusif.

-  Sukolilo

Sebagian besar lahan di daerah ini terdiri dari area tambak dan hutan magrove karena letaknya yang berdekatan dengan Selat Madura. Meskipun demikian, daerah ini juga menjadi daerah favorit untuk hunian idaman dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap.

c)  Surabaya Barat

Wilayah Surabaya Barat yang terdiri dari tujuh kecamatan ini terkenal mempunyai cukup banyak perumahan mewah. Selain itu, di daerah Surabaya Barat yang berbatasan langsung dengan Gresik menjadi kawasan industri dan perusahaan pengangkutan barang.

d)  Surabaya Utara

Kawasan Surabaya Utara atau sering disebut Kota Lama atau Kota Tua Surabaya pada era kolonial terbagi menjadi kawasan Eropa, kawasan Arab dan kawasan Tionghoa. Bahkan hingga sekarang pun masih banyak suku dan etnis yang tinggal di daerah ini. Terdiri dari lima kecamatan, area dekat dengan laut ini terdapat Pelabuhan Tanjung Perak serta Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura.

e)  Surabaya Selatan

Surabaya Selatan merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Sidoarjo dan menjadi gerbang Kota Surabaya. Lalu lalang kendaraan dari dan ke luar kota Surabaya membuat kawasan ini menjadi kawasan yang cukup padat. Areanya yang berdekatan dengan Bandara Juanda menjadikan daerah ini sebagai kawasan komersil seperti pusat perbelanjaan dan hotel. Surabaya Selatan terdiri dari 8 kecamatan. Salah satunya adalah kecamatan Wiyung. Kawasan ini dulunya adalah lahan pertanian. Namun, seiring berjalannya waktu banyak dibangun perumahan, rumah tapak, apartemen, maupun bangunan komersil yang lainnya. Ada fasilitas rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah negeri, swasta maupun sekolah internasional.

Sebenarnya, setiap bagian Surabaya merupakan lokasi idaman terutama untuk pencari rumah. Namun, kembali lagi pada kebutuhan dan kemampuan setiap orang. Jangan memilih lokasi rumah hanya karena ingin saja tanpa ada pertimbangan yang lain.

8. Harga Properti Relatif Terjangkau

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, harga properti di Surabaya masih relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga properti di Jabodetabek. Akses transportasi yang mudah, fasiitas yang komplit, menjadikan Surabaya menjadi lokasi yang di-lirik oleh pencari rumah idaman. Harga properti tiap daerah di Surabaya pun beraneka ragam. Kamu bisa memanfaatkan situs jual beli rumah, seperti Huni untuk mengecek harga rumah di tiap daerah.

9. Banyak Tempat Wisata

Di KotaSurabaya, ada berbagai tempat wisata yang bisa kamu coba. Mulai wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata yang kekinian. Huni memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Apa saja?

a)  Museum 10 November dan Tugu Pahlawan

Museum ini berdekatan dengan Tugu Pahlawan. Museum ini merupakan gudang sejarah yang menyiman bukti perjuangan para pahlawan kala itu. Selain itu, ada banyak foto dan dokumen yang diambil kala itu. Kamu bisa berwisata sekaligus belajar sejarah.

b)  Hutan Bambu Keputih dan Taman Harmoni

Kedua tempat wisata ini letaknya berdekatan, jadi kamu bisa menghemat waktu perjalanan. Hutan Bambu Keputih menghadirkan suasana yang sejuk diantara rimbunnya bambu. Cahaya matahari yang masuk di sela-sela pohon menambah kesan mistis tapi cantik.

Sedangkan Taman Harmoni, merupakan taman bunga seluas 18 hektar yang didalamnya ada banyak jenis bunga. Salah satunya adalah bunga tabebuya yang mirip dengan bunga sakura.

c)  Pantai Ria Kenjeran dan Kampung Bulak

Pantai Ria Kenjeran merupakan wisata pantai yang bisa kamu kunjungi saat liburan tiba. Pemandangan alamnya yang cantik, terlebih saat sore hari. Kamu bisa menikmati sunset yang eksotis dari sini.

Kampung Bulak, awalnya hanyalah kawasan kumuh, tapi sekarang menjadi kampung yang populer. Seluruh kampung dicat warna-warni, sehingga kamu bisa menemukan banyak spot foto yang instagramable.

Kamu bisa sekalian mampir ke Kampung Bulak setelah bermain di Pantai Ria Kenjeran.

d)  Monumen Jalesveva Jayamahe

Terletak di pelabuhan Tanjung Perak, monumen ini menjadi salah satu tempat yang iconic di Surabaya. Arsitektur bangunannya khas Eropa klasik, dan patung seorang perwira TNI Angkatan Laut yang menjulang setinggi 30 meter. Mengingatkan akan patung Liberty di Amerika.

Nama monumen ini diambil dari moto TNI AL, yaitu Jalesveva Jayamahe yang berarti ‘di laut kita berjaya’. Monumen yang dibangun tahun 1993 ini juga berfungsi sebagai mercusuar. Kamu bisa menikmati pemandangan di pinggir laut dari atas, terlebih jika kamu berkunjung saat senja. Kamu bisa menikmati sunset dengan pemandangan di Tanjung Perak.

e)  Ekowisata Mangrove

Di Surabaya ada beberapa hutan mangrove bisa kamu kunjungi. Ada Hutan Magrove Gunung Anyar dan Mangrove Wonorejo. Kamu bisa berkunjung ke ekowisata mangrove yang menghadirkan suasana yang sejuk di tengah panasnya cuaca di Surabaya. Selain itu, kamu juga bisa hunting foto yang instagramable di sini.

f)  Hotel Majapahit

Kamu pasti ingat insiden pengibaran bendera Belanda di Hotel Yamato bukan? Hotel Majapahit inilah Hotel Yamato. Hotel yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Surabaya ini masih berdiri kokoh dengan arsitekturnya khas Eropa klasik, termasuk desain interiornya. Kamu bisa merasakan sensasi ala bangsawan Eropa dari desain interiornya. Hotel ini juga menyediakan Heritage Hotel Tour yang akan menjelaskan sejarah tentang hotel ini.

Dan masih banyak lagi tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu explore.

Nah, itu tadi 9 alasan mengapa Surabaya menjadi pilihan menarik untuk tempat tinggal. Kota Surabaya memang menjadi magnet bagi banyak orang. Perkembangannya yang pesat, banyak destinasi wisata, saksi bisu sejarah, dan masih banyak alasan mengapa Surabaya menjadi lokasi pilihan untuk rumah idaman. Namun, yang perlu kamu ingat adalah setiap daerah mempunyai kelebihan maupun kekurangannya, jadi piliihlah lokasi rumah idaman yang sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangkanlah sebelum memutuskan. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas KPR, baik KPR Konvensional maupun KPR Syariah untuk pembiayaan rumah.

Huni bisa menjadi teman mencari rumah tanpa ribet. Tampilannya yang user-friendly akan memudahkan kamu menemukan rumah idaman. Fitur Huni Map yang akan menampilkan daftar hunian di lokasi yang kamu inginkan. Kamu juga bisa melihat detail rumah, mulai dari gambar rumah hingga legalitas rumah. Ada fitur Huni Smart yang akan memberikan rekomendasi rumah sesuai keinginan. Kamu bisa langsung chat agen jika ada rumah yang menarik perhatian. Akses Huni dan temukan rumah idaman kamu!